Kamis, 18 Oktober 2012

Psikologi dengan Ilmu Pasti dan Teknologi

Ternyata selain ilmu-ilmu sosial yang berhubungan dekat dengan psikologi seperti sosiologi, ilmu ekonomi, ilmu hukum, ilmu politik, antropologi, filsafat, dan lainnya yang dikembangkan berdasrkan perilaku manusia atau kelompok manusia (masyarakat, komunitas, kelompok etnik, dan lain-lain) adapula ilmu-ilmu pasti dan teknologi yang terutama diamalkan untuk kepentingan manusia, psikologi juga banyak membantu, misalnya dalam bidang :


  • Ilmu Kedokteran, psikologi membantu para dokter untuk mengadakan pendekatan yang sebaik-baiknya terhadap para pasien, menemukan penyebab-penyebab non-medis dari gejala penyakit yang tidak ditemukan faktor penyebab medisnya, membantu pasien dalam mengatasi penyakit (misalnya, pada penderita kanker), dan lain-lain. Namun, psikolog juga perlu bantuan dokter untuk gejala-gejala tertentu seperti autisma, ADHD (Attention Deficit & Hyperactive Disorder), atau skizofrenia.
  • Arsitektur dan Tata Kota (Planologi), psikologi membantu para arsitek untuk membuat rumah yang nyaman bagi penghuni-penghuninya, atau menyusun tata kota/ pemukiman yang sesuai dengan pola perilaku warga/ pemukimnya. Berdasarkan sebuah penelitian di Jakarta, terdapat temuan rendahnya community participation dalam bentuk kerukunan dan kebersamaan di kalangan penghuni di kawasan Kebayoran Baru telah terkikis oleh pembangunan perkotaan (Azis, 2002).
  • Teknologi Penerbangan, psikologi membantu para insinyur untuk membuat pesawat-pesawat terbang yang dapat menghindarkan penerbang dari stres yang tidak perlu dan menghindarkan kelelahan yang terlalu cepat. Psikologi digunakan untuk mengoptimalkan komunikasi antarawak kokpit dan penyidikan kecelakaan pesawat terbang. Juga untuk terapi phobia terbang.
Selain itu, psikologi pun banyak sekali membantu berbagai profesi, seperti :
  • Guru dalam mendidik murid-muridnya
  • Manajer Perusahaan dalam mengatur pegawai-pegawainya
  • Tentara dalam menyusun perang "urat saraf" (Psywar)
  • Polisi dalam menginterogasi tahanan atau mengatasi huru-hara dan sebagainya.
Ilmu-ilmu yang kurang mempergunakan psikologi dengan sendirinya adalah ilmu-ilmu yang tidak langsung berhubungan dengan manusia sebagai objeknya, seperti ilmu pengetahuan murni (matematika) dan ilmu pengetahuan alam (ilmu kimia, ilmu alam, ilmu hayat).
 
Sumber:
Sarwono, Sarlito W. 2012. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;