Sabtu, 10 November 2012

Ringkasan Materi Manusia dan Cinta Kasih Sayang

Pada hakikatnya manusia diciptakan Tuhan dengan mempunyai perasaan. Diantaranya cinta kasih, kasih sayang, kemesraan, belas kasihan, cinta kasih erotis. Semua itu ada dalam setiap diri manusia. Tidak ada manusia yang tidak mempunyai rasa cinta kasih. Contoh cinta kepada Tuhan, cinta orang tua terhadap anaknya, cinta kakak terhadap adiknya, cinta Negara dan Tanah Air, dan lain-lain.
Dalam menjalani kehidupan di dunia, kita akan selalu ditemani dengan perasaan cinta. Bahkan, dalam bekerja, karya apapun harus menggunakan perasaan cinta. Begitu eratnya cinta kasih dalam kehidupan  manusia.
Cinta itu memberi, bukan menerima. Memberi merupakan ungkapan yang paling tinggi dari kemampuaan. Yang paling penting dalam memberi adalah hal-hal yang bersifat manusiawi, bukan materi. Cinta dapat berlangsung sesaat, dan kasih sayanglah yang melanjutkannya sampai kapan pun. 
Jika seseorang mengatakan bahwa dia mencintai anda, tetapi kata-kata dan tindakannya tidak menghormati anda sebagai pribadi yang baik dan mandiri, maka dia tidak betul–betul mencintai anda. Mungkin dia ingin memiliki anda, tetapi bukan pasti cinta. CINTA ADALAH PEMUJAAN, maka bagaimana mungkin orang yang seharusnya memuja anda tapi malah menyakiti anda? Cinta itu pasti mendatangkan kebahagiaan. Jadi, kalau anda tidak bahagia pasti kita mencintai kepada orang yang salah. Jangan pada saat ada orang yang benar-benar mencintai anda tapi malah kita salah mencintainya.
Kasih sayang adalah suatu pemberian rasa cinta yang diberikan oleh seseorang ke orang lainnya atau kepada seluruh keluarganya. Kasih sayang juga tercipta karena adanya rasa perhatian, penyayang, sehingga terciptalah rasa kasih sayang. Tidak hanya kepasangan lawan jenis saja rasa kasih sayang tercipta, tetapi juga kepada sahabat, keluarga, dan teman-teman. Kasih sayang juga dapat mempersatukan orang yang sedang bertengkar, banyak sekali sisi positif dari kasih sayang itu sendiri. Marilah kita selalu menjaga perasaan orang lain dengan menanamkan rasa kasih sayang. Rasa kasih sayang tidak hanya kepada pasangan sendiri tetapi sahabat, keluarga, teman. Betapa indahnya apabila semua orang didunia mempunyai kasih sayang kepada sesama, hidup ini sangatlah tentram.
Kemesraan berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga kemesraan berarti hal yang menggambarkan keadaan sangat erat atau karib. Kemesraan juga bersumber dari cinta kasih dan merupakan realisasi nyata. Kemesraan dapat diartikan sama dengan kekerabatan, keakraban yang dilandasi rasa cinta dan kasih.
           Belas kasihan adalah perbuatan orang yang berbudi. Sedangkan orang yang berbudi sangat dipujikan oleh Allah SWT. Perbuatan atau sifat menaruh belas kasihan adalah orang yang berahlak. Manusia mempunyai potensi untuk berbelas kasihan. Masalahnya sanggupkah ia menggugah potensi belas kasihannya itu. Bila orang itu tergugah hatinya maka berarti orang tersebut berbudi dan terpujilah oleh Allah SWT. Itu berarti dalam rasa belas kasihan tidak terkandung unsur pamrih. Belas Kasihan yang kita tumpahkan benar – benar keluar dari lubuk hati yang ikhlas.
Cinta kasih erotis yaitu kehausan akan penyatuan yang sempurna, akan penyatuan dengan seseorang lainnya. Cinta kasih erotis bersifat ekslusif, bukan universal, pertama-tama cinta kasih erotis kerap kali di campurbaurkan dengan pengalaman yang dapat di eksplosif berupa jatuh cinta. Tetapi seperti yang telah dikatakan terlebih dahulu, pengalaman intimitas, kemesraan yang tiba-tiba ini pada hakekatnya hanya sementara.
Dalam cinta kasih erotis terdapat eksklusivitas yang tidak terdapat dalam cinta kasih persaudaraan dan cinta kasih keibuan. Sering kali eksklusivitas  dalam cinta kasih erotis di salah tafsirkan dan di artikan sebagai suatu ikatan hak milik. Contohnya sering kita jumpai separang orang-orang yang sedang saling mencintai tanpa merasakan cinta kasih terhadap setiap orang lainya.
Cinta kasih erotis apabila ia benar-benar cinta kasih, mempunyai satu pendirian yaitu bahwa seseorang sungguh-sungguh mencintai dan mengasihi dengan jiwanya yang sedalam-dalamnya dan menerima pribadi orang lain (wanita ataupun pria). Hal ini merupakan dasar gagasan bahwa suatu pernikahan tradisional, yang kedua mempelainya tidak pernah memilih jodohnya sendiri, beda halnya dengan kebudayaan barat/ zaman sekarang, gagasan itu ternyata tidak dapat diterima sama sekali. Cinta kasih hanya di anggap sebagai hasil suatu reaksi emosional dan spontan. Dengan demikian, bahwa cinta kasih erotis merupakan atraksi individual belaka maupun pandangan bahwa cinta kasih erotis itu tidak lain dari perbuatan kemauan.

Quote:
  1. Seberapa banyak cinta kasih yang Anda sumbangkan, sebanyak itu pula cinta kasih yang akan Anda dapatkan.
  2. Warisan kebajikan dan cinta kasih merupakan pusaka yang tidak ternilai harganya.
  3. Cinta kasih yang tulus dapat menghangatkan batin semua orang yang sedang menderita dan bersedih.
  4. Cinta kasih universal yang tulus dan benar tidak memiliki musuh.
  5. Cinta kasih universal dapat merubah bencana menjadi keberkahan.
  6. Jika di dalam kehidupan terdapat cinta kasih, bisa bersatu hati dan saling membantu, maka hidup tidak akan terasa kesepian.
  7. Bila berbicara tentang "cinta kasih", harus membicarakan cinta kasih terhadap semua makhluk.
  8. Bila semua orang dapat bersumbangsih dengan cinta kasih yang tulus dan murni, pelita harapan akan menyala di berbagai pelosok gelap di dunia.
  9. Senyuman, kelemahlembutan, pemberian perhatian, dan sumbangsih adalah pernyataan cinta kasih.
  10. Kasih sayang bukan sesuatu yang diminta dari pihak lain, melainkan harus berasal dari sumbangsih yang dilakukan melalui upaya tanpa pamrih dan dilakukan hingga segalanya terselesaikan secara sempurna.

Hal postif (+) yang harus diterapkan dikehidupan sehari-hari:
  • Kita harus bercinta kasih ke semua makhluk agar terciptanya keseimbangan, keselarasan, kententraman, dan kenyamanan dalam berkehidupan
  • Bersikap ramah, sopan, memberikan senyuman, perhatian, kelemahlembutan terhadap semua makhluk hidup
  • Memberikan sumbangsih ke semua makhluk hidup tanpa pamrih dan dengan kasih sayang yang tulus agar teciptanya kesempurnaan hidup

Hal negatif (-) yang dapat kita tinggalkan yaitu:
  • Sikap yang egoisme, mementingkan diri sendiri, tidak mementingkan lingkungan dan segala aspek lainnya.
  • Memiliki musuh, diiringi rasa yang mendendam, cuek, dan kebencian
  • Sikap yang angkuh, acuh tak acuh, dan tidak peduli

1 komentar:

Poskan Komentar

 
;